Saturday, October 31, 2020
Home Internasional TURKI PERKUAT HUBUNGAN EKONOMI DAN DAGANG DENGAN CHINA

TURKI PERKUAT HUBUNGAN EKONOMI DAN DAGANG DENGAN CHINA

ANKARA, RASILNEWS — Hubungan ekonomi Turki dan China semakin hangat dan maju. Turki mengatakan mereka ingin membangun perdagangann dengan China yang lebih berkelanjutan dan seimbang, dengan memungkinkan ekspor bernilai tambah tinggi.

Menteri Perdagangan Turki Ruhsar Pekcan mengatakan pihaknya telah membahas sejumlah isu perdagangan bilateral dan ekonomi dengan China.

Kedua negara berbicara tentang penggunaan mata uang lokal dalam perdagangan, Inisiatif Sabuk dan Jalan Beijing, ekspor pertanian dan agenda komisi ekonomi bersama antara kedua negara.

Ruhsar berbicara melalui telepon dengan timpalannya dari China Zhong Shan. Kedua menteri juga membahas reformasi Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), masalah bea cukai, kerja sama dalam penerbangan sipil, zona bebas khusus dan fasilitasi visa komersial.

Ruhsar mengatakan Turki  bisa menjadi pusat regional yang ideal untuk perusahaan global Tiongkok berkat modal sumber daya manusianya yang berkualitas, hubungan pabean dengan UE, dan sistem insentif yang fleksibel untuk investor.

Turki, yang berspesialisasi dalam penelitian dan pengembangan, teknologi tinggi dan kegiatan bernilai tambah tinggi, mengundang perusahaan-perusahaan China untuk berinvestasi di zona-zona ini. Pasalnya, Turki ingin mempercepat kerja sama internasional dan menjadi pusat global.

Ruhsar mengatakan Ankara juga siap bekerja sama dalam Road and Belt Initiative.

Belt and Road Initiative adalah program pembangunan yang ambisius untuk menghubungkan Asia dengan Afrika dan Eropa melalui jaringan darat dan maritim di sepanjang enam koridor. Tujuannya, meningkatkan integrasi regional, meningkatkan perdagangan, dan merangsang pertumbuhan ekonomi.

Volume perdagangan bilateral antara Turki dan China melonjak menjadi 21,6 miliar AS pada 2019, naik dari 1,1 miliar pada 2001.

Turki menekankan bahwa China dapat membeli produk spesifik seperti kendaraan bermotor, peralatan medis, mesin listrik, dan produk pertanian untuk kualitas yang lebih baik dan kondisi yang menguntungkan dari Turki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Presiden Jokowi Ajak Umat Islam Teladani Akhlaq Rasulullah

Jakarta, Rasilnews - Presiden Joko Widodo mengajak umat Islam untuk meneladani akhlak terbaik Rasulullah yang patut diteladani dan sangat relevan dalam...

Ketum GP Ansor : Islam Adalah Agama Rahmah Dan Kasih Sayang

Jakarta, Rasilnews - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor H Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, Islam adalah agama yang...

Prof Wiku : Perkembangan Penanganan Pandemi Covid-19 di Tingkat Kabupaten/Kota Meningkat Lebih Baik

Jakarta, Rasilnews - Perkembangan penanganan pandemi Covid-19 pada sebagian besar kabupaten/kota sejauh ini menunjukkan hasil yang baik.

Sebanyak 12.369 Personel Gabungan Amankan Aksi Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law Ciptaker

Jakarta, Rasilnews - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan sebanyak 12.369 personel gabungan TNI-Polri dan pemerintah daerah diterjunkan...

Recent Comments