Tuesday, October 20, 2020
Home Nasional WALI KOTA MASIH TUNGGU HASIL PEMERIKSAAN SUMBER RADIOAKTIF

WALI KOTA MASIH TUNGGU HASIL PEMERIKSAAN SUMBER RADIOAKTIF

TANGGERANG SELATAN, RASIl NEWS – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany menunggu hasil pemeriksaan pihak kepolisian terkait paparan radioaktif di Perumahan Batan Indah, Setu, Tangsel. Hingga saat ini proses pemeriksaan masih dilakukan.

“Sampai dengan saat ini, kita masih menunggu hasil dari pihak kepolisian terkait pemeriksaan yang dilakukan akan paparan radioaktif di Perumahan Batan Indah,” kata Airin dalam rapat lintas sektoral yang berlangsung di Puspemkot Tangsel, Kamis (5/3).

Rapat tersebut juga dihadiri Kepala Humas Batan Heru Umbara, Kepala Dinas Kesehatan Deden Deni, Kasubdit PIE  Ditjen P2P Kemenkes Endang Budi Hastuti, Kepala Dinkes Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti, Kepala Kemenag Tangsel Abdul Rojak dan lainnya.

Sementara itu, Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) behasil mengumpulkan 638 drum berisi tanah dan vegetasi yang terkonaminasi radioaktif di Perumahan Batan, Setu, Tangsel. Tanah dan vegetasi tersebut kemudian dikirimkan ke tempat penyimpanan limbah radioaktif sementara di Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR), Batan. Demikian Republika.co.id melaporkan.

Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama, Heru Umbara mengatakan pada hari ke-16 ini, pembersihan difokuskan pada pengerukan di beberapa titik. “Pada hari ini kegiatan clean uptinggal membersihkan di beberapa titik yang masih dianggap paparannya melebihi ambang batas,” ujar Heru.

Heru menambahkan, untuk lebih menjamin keselamatan warga, maka tim clean up menyisir beberapa titik di luar garis yang ditentukan. Penyisiran ini dimaksudkan untuk lebih bersikap hati-hati terhadap kemungkinan adanya kontaminasi.

“Setiap selesai melakukan clean up selalu dilakukan maping ulang untuk mengukur kondisi paparan radiasi terakhir di area terpapar zatradioaktif setelah dilakukan pengerukan,” ucap Heru.

Di samping itu, tim clean up tengah menunggu hasil analisis dari sampel pohon yang telah diambil sebelumnya. Selanjutnya diputuskan seberapa banyak pepohonan yang akan ditebang dan dikirim ke PTLR.

“Setelah semua dianggap bersih dari paparan zat radioaktif, BATAN akan berkoordinasi dengan pihak Bapeten untuk melakukan pemeriksaan akhir dan mendeklarasikan bahwa area yang selama ini terkontaminasi zat radioaktif telah bersih seperti semula,” kata Heru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Pemerintah Belanda Bersedia Membayar Rp 87,2 Juta Bagi Janda dan Anak anak Korban Penjajahan Belanda Hingga Akhir 1940-an

Belanda, Rasilnews - Menteri Luar negeri Belanda Stef Blok dan Menteri Pertahanan Ank Bijeveld menyampaikan bahwa anak-anak yang dapat membuktikan bahwa...

Sebanyak 10.587 Personil Gabungan TNI-POLRI Akan Mengamankan Aksi Demo Tolak Amnibus Law

Jakarta, Rasilnews - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya mengatakan bahwa Sebanyak 10.587 personel gabungan...

Pemrov DKI Berkomitmen Terhadap Upaya Kesehatan dan Sosial Ekonomi Jakarta

Jakarta, Rasilnews - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Senin (19/10) melalui Rapat...

Gaza Palestina Berterimakasih Kepada Jamaah Muslimin (Hizbulllah) Indonesia

GAZA, PALESTINA - Wali Kota Rafah, Anwar Hamdan Al Shaer, mengucapkan terima kasih atas Program Wakaf 1.000 Pohon Zaitun untuk Gaza...

Recent Comments